KANADA– Airports Council International (ACI) secara resmi menyerahkan lima penghargaan prestisius tingkat dunia “Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017 untuk tiga bandara PT Angkasa Pura I (Persero) di Halifax, Nova Scotia, Kanada, Rabu (12/9).
Seremonial penganugerahan penghargaan ini dilakukan Direktur Jenderal ACI World, Angela Gittens, kepada Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dalam rangkaian kegiatan “ASQ Customer Excellence Global Summit” yang diikuti 127 otoritas dan pengelola bandara dari seluruh dunia.
Ketiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan ASQ Awards 2017, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (menyabet tiga penghargaan sekaligus), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya.
Tiga penghargaan untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali: “The 1st World Best Airport by Size 15-25 million” (Peringkat Pertama Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun).
“The 2nd Asia – Pacific Best Airport (over 2 million passengers per year)” (Peringkat Kedua Bandara Terbaik di Asia-Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun).
”Best Airport by Size and Region in Asia-Pacific (15-25 million passengers per year)” (Bandara Terbaik di Asia-Pasifik (kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun).
Sementara Bandara Juanda Surabaya: “The 3rd World Best Airport by Size 15-25 million” (Peringkat Ketiga Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun)
Sedang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan: ”The 2nd World Best Airport by Size 5-15 million” (Peringkat Kedua Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 5-15 juta orang per tahun)
ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara-bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada.
“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen perbaikan terus menerus terhadap bandara-bandara PT Angkasa Pura I (Persero) dalam meningkatkan level of service dan menciptakan customer experience bagi para pengguna jasa bandara,” ujar Dirut PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi.
Sementara GM PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Farid Indra Nugraha, yang hadir pada acara penghargaan ASQ Awards 2017 mengatakan, komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik serta memastikan pengguna jasa dapat terlayani sesuai harapannya.
“Penghargaan ini bukan hanya untuk Angkasa Pura Aiport. Tetapi untuk semua masyarakat Kaltim yang bangga dengan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berhasil meraih penghargaan,” katanya. (ilm/foto: hilman)